Jumat, 26 Desember 2008

Cara atasi global war


Kenapa tidak kita selamatkan bumi kita secepat mungkin. Taukan!! Uda banyak banget di bumi kita terjadi pemanasan global seperti mencairnya es-es di kutud utara, banyaknya air sumur yang berubah jadi sumur bahan bahan, bayangkan gimana kita mau MCK jika tidak ad lagi air yang bisa di pakai. Ini terjadi di beberapa negara seperti di beberapa kota di pulau jawa di Indonesia dan adanya lumpur yang panas sampai dapat meratakan suatu desa di pulau jawa.
Di Jakarta pun terkena dampaknya, dan banyangkan jika ibu kota kita jadi lautan lahar yang timbul hanya dari dasar tanah yang bukan suatu pegunungan pada semestinya.Maka dari itu mulai saat ini stop lakukan kegiatan yang dapat membangkitkan global warming melainkan bangunlah bumi yang hijau, segar dan sehat.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk selamatkan bumi kita :
1. Tine to switch
Matikan barang elektronik atau lampu yang tidak terpakai. Hal kecil ini dapat membantu kita mengurangi global warming karen adengan mengurangi pemakaian listrik dapat membuat berkurangnya radiasi terhadap lingkungan. Dapat tetap manjaga energi dan element bumi

2. Cintai laut kita
Dengan menanam terumbu karang dan tumbuhan bakau.Terumbu karang dapat menangkap CO2 yang terlepas di udara dan bakau juga dapat mengurangi abrasi. Tetapi hal yang paling penting janganlah membuang sampah sembarangan di pantai dan laut kita.

3. Selamatkan hutan kita
• Stop using tissu
Semakin banyak tissu yang di pakai, semakin banyak pula pohon yang di tebang. Bayangkan untuk satu tissu saja kita harus menebang satu pohon, apalagi klo riuan tissu. So, stop using tissu, yach!!! Kan kita tetep pakai saputangan yang bisa dipakai berulang-ulang.


4. Pisahkan sampah organik dan non organik
• Coz pada kenyataannya sampah organik dapat dijadikan pupuk yang baik untuk tanaman sedangakn nonorganik dapat di daur ulang untuk pemanfaatan selanjutnya atau kita bisa juga dengan mengurangi makanan dan minuman ringan coz kan bungkusnya dapatmenambah banyaknya sampah nonorganik
• U juga dapat membuat kreasi dan karya yang bisa jadi royalty yang cukup menjanjikan dari hasil sampah nonorganik.

5. Stop polusi udara
• Sehat dengan sepeda
Daripada loe buang banyak-banyak bensin dan menambah jumlah emisi di udara. Enakan loe pake aja sepeda untuk semua aktifitas loe. Selain bisa buat badan kamu sehat dan dapat mengurangi polusi udara pula. And now!!!!health with cycle, why not!!
• No smoking anymore
Selain dapat mencemari udara, merokok juga dpat membuat kita terkena berbagai penyakit misalnya gangguan pernapasan dan etc. Padahal tubuh kita dapat lebih sehat dan udara kita lebih segar tanpa rokok.
• Gunakan barang yang ramah lingkungan
Banyak barang-barang yang ramah lingkungan agar dapat mengurangi polusi udara satu diantaranya misalnya gunakan knalpot yang ramah lingkungan karena dapat mengurangi CO2 untuk kendaraan bermotor.
• Kita juga bisa melakukan sesuatu yang sederhana dengan melakukan kebersihan dirumah kita dan melakukan kerja bakti di lingkungan kita selain dapat mengurangi polusi kita juga dapat membuat udara lebih segar dan dapat memperindah lingkungan kita

6. Don’t koleksi makhluk hidup
Jangan ada kata koleksi terhadap hewan karena dengan mengkoleksi makhluk hidup baik yang masih hidup ataupun uda mati dapat membuat ketidakstabilan ekologi kehidupan sehingga dapat membuat penambahan pemanasan global

7. Kurang Efek rumah kaca
Sering banyak kita lihat di tiap toko-toko pemakaian kaca padahal kaca-kaca tersbut dapat membuat penambahan panas bumi. Dan adapula rumah-rumah yang memakai asbes sebagai atap.Dengan mengurang kaca dan asbes pada kehidupan kita dapat mengurangi pemanasan di bumi kita karena kaca dan asbes bersifat memantulkan panas dan sinar ulravioletyang tidak terserap oleh ke udara bebas

8. Kurangi penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya dan tidak ramah lingkungan seperti cetil bromida dan CFC yang dapat menipiskan ozon sehingga bumi kita dapat lebih cepat terjadi pemanasan.

Tidak ada komentar: