Minggu, 05 April 2009

percepat Loading Windows

Defragment Harddisk, Percepat Loading Windows !!
Pada dasarnya, Windows sudah menyertakan program Defragment untuk harddisk. Akan tetapi, program tersebut sangat lambat dalam merapikan file-file dan direktory yang terfragment (teracak).
Tujuan defragmentasi harddisk adalah untuk mempercepat loading aplikasi ketika dijalankan dan merapikan struktur file/direktory. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, defragmentasi sangat bermanfaat karena file yang diload akan lebih cepat berjalan dan meningkatkan kinerja Windows anda.
Sebagai contoh, anda akan mencari/meload suatu program, ketika harddisk anda belum terdefragmentasi (belum dirapikan) maka komputer mencari secara keseluruhan di cluster atau disektor mana program tersebut berada. Hal ini akan memakan waktu dan resource komputer anda, sehingga menghambat kinerja windows.
Untuk melakukan defragmentasi pada harddisk, kita dapat memakai program internal (bawaan) windows atau program lain yang kinerjanya lebih cepat.

Dengan windows defragmenter, langkah-langkahnya :
1. Klik Start
2. Arahkan pada All Programs >> Accessories >> System tools >> Disk Defragmenter
3. Pilih salah satu atau anda dapat memilih semua harddisk yang akan didefrag
4. Lalu klik Defrag, setelah selesai defrag segera Restart komputer anda.

Dengan Tool Ultra Defrag (direkomendasikan), langkah-langkahnya :
1. Download di http://ultradefrag.sourceforge.net/ dan jalankan program installernya
2. ikuti proses sampai Selesai, jalankan programnya
3. Pilih harddisk yang akan di defrag, lalu klik Defrag atau Compact
4. setelah selesai defrag segera Restart komputer anda.

Kemudian rasakan hasilnya...
Selamat mencoba....
Terkadang saat kita mengoperasikan kompie kita (yg ber-SO Windows XP), di awal prosesnya ada yg namanya BootScreen (yg ada loading ntuh). Biasanya indikator loading tersebut bergerak mengulang2 dari 15-20 kali (cape deh..). Ntuh lumayan lama nunggunya, nah disini qta akan mngurangi process loading tersebut agar lebih cepat (1 1/2 ampe 3 kali).

Dimulai dari sini aja, Pernah dengar atau kenal yg namanya file batch?? Dahulu kala, terdapatlah 3 ekstensi file yg bisa dijalankan di mesin DOS (MS-DOS) yaitu .exe, .com dan .bat, nah yg namanya file batch (.bat) adalah file yg didalamya berisikan perintah-perintah DOS (DOS command-line) yg digunakan untuk keperluan kemudahan proses pada mesin DOS. Halah kelamaan..
Nih, intinya yg digunakan untuk mempercepat proses loading pada Windows XP, kita gunakan manfaat dari file batch tersebut.
1. Buat file batch (pake notepad), pada kotak RUN.. (logowindows+R) ketik aja notepad c:\cepat.bat atw namafile sesuai keinginanmu tapi tetep dgn akhiran .bat !
2. Ketik script berikut :
3. DEL C:\Windows\Prefetch\*.* /Q simpan file tersebyut (CTRL+S), trus diclose aja, kita g perlu lg ma notepad.
4. Jalanin Run.. lg (logowindows+R) dan ketik gpedit.msc
5. Udah masuk? Cari Windows Setting (dobel klik).
6. Pilih yg Start-up Script (dobel klik) pada kotak pertama ketik aja c:\cepat.bat atw file .bat yg udh kmu buat td.
7. Ulangi langkah 5 untuk Shutdown Script.
8. Udah? Yg udh tinggal tutup apa Group Policy nya td. Trus restart dech komputermu.. Klo blm ada perubahan restart 1x lg, klo msh blm jg, cek script yg dbuat, kali2 aja ada yg salah. Maklum manusia tempat salah dan dosa *upss..*
*) Hanya untuk Windows XP Professional..
Title: cara percepat loading komputer
Post by: khoming on September 22, 2008, 09:22:01 pm
________________________________________
untuk menpercepat loading windows sebenarnya ada banyak cara. salah satunya ikutin cara di bawah ini
1.pertama tama hapus startup windows caranya klik pada start kemudian msconfig dan cari tab menu startup kemudian buang centangan yang tidak penting dan biasanya yang aktif hanya antivirus
2. kemudian hapus temp pada %systemroot%\temp (c:\windows\temp) hapus semua yang ada pada folder temp
3. kemudian hapus semua file pada %systemroot%\prefetch\(c:\windows\prefetech). hapus semua file yang terdapat pada direktori prefetech
4. hapus semua temporari file internet dan cookies.

coba kemudian restart komputer. dan rasakan komputer anda akan lebih cepat di bandingkan dengan sebelummya

semoga artikel ini bermanfaat

see u agin

________________________________________
Title: Re: cara percepat loading komputer
Post by: alcom on September 22, 2008, 09:37:58 pm
________________________________________
Quote from: khoming on September 22, 2008, 09:22:01 pm
untuk menpercepat loading windows sebenarnya ada banyak cara. salah satunya ikutin cara di bawah ini
1.pertama tama hapus startup windows caranya klik pada start kemudian msconfig dan cari tab menu startup kemudian buang centangan yang tidak penting dan biasanya yang aktif hanya antivirus
2. kemudian hapus temp pada %systemroot%\temp (c:\windows\temp) hapus semua yang ada pada folder temp
3. kemudian hapus semua file pada %systemroot%\prefetch\(c:\windows\prefetech). hapus semua file yang terdapat pada direktori prefetech
4. hapus semua temporari file internet dan cookies.

coba kemudian restart komputer. dan rasakan komputer anda akan lebih cepat di bandingkan dengan sebelummya
Archive for the ‘Percepat Loading Windows’ Category
Percepat Loading Windows
30 April, 2008
Bila komputer anda menggunakan Windows XP, kadang kita dijengkelkan dengan loading yang terlalu lama. Padahal anda sudah membuang semua program di startup, membersihkan HDD dan registry pun telah dibersihkan. Tapi hal ini tetap terjadi.
Kalau anda sedang iseng, coba anda hitung berapa kali indikator loading Xp anda berjalan bolak-balik saat loading windows.
Lakukan sedikit trik di bawah ini :
Ketik pada notepad :
“Del C:\windows\prefetch\ntosboot-*.*/q”
(Tanpa tanda petik)
Save as = ntosboot.bat pada drive C (drive, dimana os terinstal)
Jalankan Run, ketik gpedit.msc
Pilih Computer configuration
Pilih Windows setting kemudian double klik shutdown.

Pilih properties
Klik add kemudian browse, tentukan letak file ntosboot.bat
KLik open.
Klik OK, Apply, OK.


Jalankan kembali Run, ketik devmgmt.msc
Double klik IDE ATA/ATAPI controllers
Double klik primary IDE channel untuk membuka properties.
Pilih tab Advance settings
Pada semua device (device 0 atau 1)
cari Device Type yang tidak dalam keadaan nonaktif, rubah menjadi None.
Kilk OK.
Lakukan hal yang sama pada secondary IDE channel.


Restart computer…..
Coba anda bandingkan jumlah indikator loading xp yang berjalan bolak-balik, sebelum dan sesudah melakukan trik di atas !
Selamat menghitung, eh . . . Selamat Mencoba !
Seiring dengan waktu, lama kelamaan PC terasa makin lambat dan ‘berat’. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menanggulanginya?
• Langkah pertama mempercepat boot via BIOS. Untuk keterangan selengkapnya, Anda dapat melihatnya pada “Menguak Tabir BIOS” di PC Media 04/2004 yang lalu.
• Selanjutnya mulai ke area operating system. Untuk Windows XP, mulai dengan membuka System Configuration Utility. Pada tab BOOT.INI, beri tanda (P) pada “/NOGUIBOOT”. Ini akan mempersingkat waktu boot dengan menghilangkan Windows startup screen. Pada tab Startup, seleksi ulang seminimal mungkin item yang sangat dibutuhkan. Hal yang sama juga dilakukan pada service yang dijalankan. Usahakan jumlah service yang ter-load tidak lebih dari 25.
• Windows XP memang tampak begitu memukau pada tampilannya. Jika kebutuhan utama Anda adalah kecepatan dan bukan keindahan, setting ulang interface ini dapat menambah kecepatan. Masuk ke System Properties, pilih tab Advanced. Setting ulang pada pilihan Performance. Kemudian pilih “Adjust for Best Performance” pada tab Visual Effects.
• Menghilangkan wallpaper dan minimalisasi jumlah desktop icon juga dapat mempercepat PC Anda. Kurangi jumlah desktop icon sampai maksimal lima buah.
• Menghilangkan bunyi pada event Start Windows juga akan mempercepat proses boot. Mau lebih cepat lagi? Pilih “No Sounds” pada sound scheme.
• Berapa jumlah font yang terinstal pada Windows Anda? Makin banyak jumlah font yang terinstal akan menambah berat beban kerja PC Anda. Windows secara default menyertakan sejumlah kurang dari 100 font. Usahakan jumlah font yang terinstal pada kisaran 150 font.
• Anda rajin meng-update driver? Bagus. Namun tahukah Anda, file-file yang digunakan driver lama Anda dapat memperlambat PC. Cara paling mudah menggunakan utility tambahan seperti Driver Cleaner. Utility ini membersihkan driver nVidia dan ATI terdahulu. Driver Cleaner 3.0, juga dapat membersihkan driver lama beberapa chipset motherboard, sound card, dan lain-lain.
PERCEPAT KINERJA SYSTEM PADA WINDOWS XP
Registry menyimpan semua informasi singkat seputar system. Untuk memperbaiki dan mempercepat kinerja sistem (windows xp), adakalanya menyeting registry dengan cara : Klik Start -> Run -> ketik regedit.
Saran, backup data penting anda sebelum menyetting registry.

SIMPAN KONFIGURASI
Jalankan System Restore Point,tujuannya untuk berjaga-jaga apabila terjadi error maka anda bisa mengembalikan konfigurasi system seperti semula.
Cara setting Restore Point :
Klik Start -> Programs/ All Programs -> Accessories -> System Tools -> System Restore.
Dalam layar pembuka terdapat 2 opsi, pilih opsi ke dua (Create a Restore Point) ->
Next -> masukkan nama yang mudah diingat, misal “System Default” -> Create.
Apabila terjadi sesuatu (error) setelah anda mengedit registry maka ulangi langkah2 diatas dan serbagai gantinya pilih “Restore my computer to early time” pada layer Welcome to System Restore untuk mengembalikan status yang baru disimpan.

REGISTRY ENTRY
Klik Start -> Run -> ketik regedit
Hal pertama anda lihat ketika Registri editor tampil adalah lima seksi utama dari registry entry dengan nama-nam : HKEY_CLASSES_ROOT, HKEY_CURRENT_USER, dan seterusnya. Catatan : HKEY_CURRENT_USER / Control Panel / Desktop, berarti anda harus klik tanda plus disebelah HKEY_CURRENT_USER, Control Panel, lalu Desktop.

PERCEPAT LOAD MENU
Tampilkan registry editor, arahkan key berikut ini dengan meng-klik tanda plus disebelah nama setiap level :
HKEY_CURRENT_USER / Control Panel
Klik “Desktop.” Akan muncul daftar disisi kanan. Klik dua kali “MenuShowDelay” dan ubah Value data menjadi 0.
Klik OK.

FREE-UP MEMORY
Ketika men-shut down sebuah program, windows sering kali menjaga bagian2 dari program tersebut dalam memory meskipun tidak lagi digunakan. Bagian dari program yang disebut dynamic link libraries (DLLs) akan memakan space memory dan terkadang menyebabkan problem2 lain.
Anda dapat mengubah registry key untuk mencegah windows melakukan ini.
Tampilkan Registry Editor, arahkan ke key berikut ini :
HKEY_LOCAL_MACHINE / SOFTWARE /Microsoft /Windows /CurrentVersion
Pada CurrentVersion, klik kanan lalu pilih new -> key.
Dalam box yang muncul (“New Key #1”), ubah menjadi AlwaysUnloadDLL tekan Enter. Pada sisi kanan klik dua kali kata Default.
Untuk value data, masukkan 1 lalu klik OK.
Tutup regedit.

PERSINGKAT STARTUP
Windows dapat diset untuk load informasi seputar aplikasi yang membuatnya startup lebih cepat, caranya dengan mengubah seberapa banyak kerja dari sebuah program yang disebut Prefetcher.
Tampilkan regedit, arahkan ke key berikut :
HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / CurrentControlSet / Control / Session Manager / Memory Management / PrefetchParameters
Saat PrefetchParameters di-klik, sisi sebelah kanan editor akan menampilkan entry. Klik dua kali “Enable Prefetcher” dan ubah value data menjadi 5 (dalam decimal, bukan hexadecimal). Klik OK. Tutup regedit

REDUKSI WINDOWS WORKLOAD
Jika anda mempunyai banyak folder dan subfolder, setiap kali mengakses satu diantaranya, windows menghabiskan banyak waktu dalam mengupdate “last accessed” folder dan semua subfolder-nya. Dengan menghentikan proses itu akan menghemat waktu.
Buka regedit, arahkan ke key berikut :
HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / CurrentControlSet / Control
Pada, Control, klik kanan FileSystem, pilih New, lalu DWORD Value. Ganti “New Value #1” dengan NtfsDisableLastAccessUpdate dan tekan Enter. Klik dua kali NtfsDisableLastAccessUpdate dan ubah Value data menjadi 1.
Klik OK. Tutup regedit

PERBAIKI SWAPFILE
Tidak sedikit program menggunakan banyak memory. Jika anda menjalankan lebih dari satu atau dua program bersamaan, ada kemungkina windows kehabisan RAM. Untuk kasus ini, system mulai menggunakan sebagian dari harddisk, sering disebut “swapfile”, guna menyimpan informasi. Memang jauh lebih lambat dibandingkan RAM, paling tidak dapat menjalankan sebuah program.
Terkadang windows menggunakan swapfile sebelum kejadian tersebut. Caranya bisa dengan tweak msconfig berikut ini.
Klik Start -> Run -> ketik msconfig
Klik tab System.ini
Klik tanda plus disebelah 386enh.
Klik New, lalu ketikkan “ConservativeSwapfileUsage=1” dalam box yang muncul.
Klik OK. Close
--------------------
Menghilangkan logo awal start windows
1. Buka Windows Explorer
“tool | folder options | view ” singkirkan atribut “Read-only”
konfimasi “ok”
2. Klik ganda file msdos.sys buka dengan “text editor”
3. Tambakan bagian dalam bagian
“option” dengan “logo=0″ bila menggunakan window 95 tuliskan
“logo=off”
4. Simpan file tersebut
5. Aktivekan kembali dengan atribut “read-only”
# Menghentikan pencarian floppy disk drive
1. Klik kanan pada “My Computer | Properties | Performance|
File System”
2. Pilih Tab “Floopy Disk”
3. Deaktivasi option “Search for new floppy disk drives each
time your computer start”
4. konfirmasi “ok”
# Menonaktifkan Scandisk otomatis
1. Start menu | run
2. Ketik “msconfig”
3. Buka “system Configuration Utility” dengan Enter
4. Tab “General” klik “Advanced”
5. Aktifkan pilihan “Disable Scandisk after bad shutdown”
6. Konfirmasi “ok”
7. Restart ulang
# Mode “Hibernation”

pada Me dan 2000 (Manajemen Daya)
1. Start menu |Setting |control panel | power options
2. Pilih tab “Hibernate” dan klik opsi tersebut.
3. konfirmasi “ok”
# Meningkatkan cache untuk file dan path
1. Klik kanan “My Computer | Properties”
2. Pilih TAB “Performance | File System”
3. Pilih opsi “Network Server ” disamping label “Typical role
of this computer”
4. Konfimasi “ok”
# Menonaktifkan Sound event Windows
1. Control Panel >> Sound >> Multimedia
2. Pilih tab Sound
3. Pada bagian Scheme pilih “No Sound” dengan memilih satu
persatu dalam sound event dalam pull down dan memilih “none”
4. Konfimasi “ok”
# Menentukan ukuran file swap
1. Klik kanan “My Computer”
2. Properties
4. Tab “Performance”
5. Klik “Virtual Memory”
6. Aktifkan opsi “Use personalized setting for virtual memory”
cantumkan dibawah “Minimum dan Maximum” sebuah nilai
sekurangnya 200 MB
7. Ok >> Yes >> Restart
Startup program tidak start otomatis
1. Start | Run
2. Ketik “Msconfig”
3. Pada tab “StartUp” non aktifkan program yang tidak perlu
4. Konfimasi Ok >> Restart
5. Reboot tanpa load bios
6. Tekan tombol shift ketika melakukan restart
Virtual Memory
1. Tambahkan pada file config.sys
device=C:WindowsCo 512
dan pada Autoexec.bat
set Temp=F: bila ram drive berada di F:
Dengan 1 klik anda bisa restart dan shutdown
1. Klik kanan di desktop dan pilih new > shortcut
2. dalam kotak command ketikkanlah c:\windows\rundll.exe
user.exe,ExitWindows (untuk Shutdown)
3. c:\windows\rundll.exe user.exe, ExitWindowsExec
4. Tekan Next, Berinama shortcutnya dan klik finish.

1 komentar:

rarandy21 mengatakan...

kurang startup delay nya,,,,,,
belom ada